Pages

Jumat, 17 Januari 2014

TUGAS 01-REKAYASA WEB

TUGAS 01 - REKAYASA WEB    

   Baik pada tugas kali ini kita diberikan tugas oleh bapak Humisar Hasugian.,kita diberikan tugas untuk menjelaskan beberapa hal seperti : Xampp,My SQL,Localhost,Httpd.conf,dan Document root.yang sebenarnya kita sendiri belum mengerti akan hal ini....tapi kita harus mencoba merangkum hasil pencarian kita tentang tugas ini dengan cara merangkum inti-intinya.tanpa boleh copy paste dari sumber lain...baik kita mulai kerjakan....Bismillahirohmanirohim.

__________________________________________________________________________________

A.XAMPP                                      


      Xampp adalah perangkat lunak yang didistribusi oleh Apache,yang mendukung banyak sistem operasi.sejujurnya saya sudah pernah belajar sedikit menggunakan Xampp ini.waktu itu pada saya belajar membuat website dengan menggunakan cms joomla.sangat mudah untuk menjalankan software ini,kiat cukup download dari internet tapi pastikan koneksi internet ada aktiv ya...kalo enggak sama aja boong.setelah kita mendownload software ini biasanya masih berbentuk winrar maka kita harus extract terlebih dahulu...lalu kita install software ini...mau tau cara install xampp...tenang saya akan coba memberikan tutorial cara install xampp....are you ready ?


Cara Install XAMPP di Windows


Klik kanan pada installasi XAMPP dan pilih Run as administrator. Ketika ada window UAC yang muncul, klik Yes.

Cara Install XAMPP di Windows
Lalu pada tahap selanjutnya kamu disuruh untuk memilih bahasa dari installasi XAMPP, klik OK jika kamu sudah memilih.

Cara Install XAMPP di Windows
Sekarang kamu sudah memasuki langkah installasi, klik Next untuk memulai.

Cara Install XAMPP di Windows
Pilih folder dimana kamu akan menempatkan installasi XAMPP dan klik Next.

Cara Install XAMPP di Windows
Ceklist komponen-komponen server yang kita butuhkan dan klik Install.

Cara Install XAMPP di Windows
Tunggu sampai proses installasi selesai.

Cara Install XAMPP di Windows
Jika sudah maka klik Finish.

Cara Install XAMPP di Windows
Ketika kamu mengklik tombol Finish, akan keluar command prompt yang memberitahukan kamu bahwa XAMPP masih menginstall komponen lainnya.

Cara Install XAMPP di Windows
Sekarang XAMPP berhasil diinstall dan kamu tinggal pergi ke XAMPP Control Panel.

Cara Install XAMPP di Windows
Cara Install XAMPP di Windows 

Klik running
Cara Install XAMPP di Windows
Untuk mengetes apakah installasi XAMPP sudah berhasil, kamu tinggal mengaktifkan xampp dan coba buka browser dan mengetikkan alamat localhost/ seperti gambar dibawah ini.

Cara Install XAMPP di Windows



     Baik kurang lebih seperti itu cara install Xampp...kemungkinan kita juga akan mempelajarinya sedikit setelah uts,karena bila saya tidak salah dengan bila waktu mencukupi,kita akan di ajarkan membuat website dengan cms joomla oleh Bapak Hasugian humisar...semoga nilai rekweb kita di periode ini baik semua ya kawan"...Amin


__________________________________________________________________________________

B . My SQL



          Apa itu Mysql ? Mysql sebenarnya ada di dalam komponen Xampp yang sebelumnya saya jelaskan.Mysql adalah sebuah software pengolah database / RDBMS (Relational Database Management System) yang dapat menangani database dalam jumlah yang sangat besar, dan dapat diakses oleh banyak user. Ada dua lisensi MySql, MySql open source dan versi komersial.

 Berikut sifat-sifat Mysql :
  1. Mysql server bersifat open source dapat digunakan oleh perorangan atau instansi tanpa harus membelinya. Untuk versi komersial di tambah beberapa fitur dan dukungan technical support.
  2. Mysql mampu menampung data dalam jumlah yang sangat besar.
  3. Mendukung bahasa SQL (Stuctured Query Languange).
  4. Performa tinggi, walaupun menampung jumlah database yang sangat besar tapi tidak mengurangi kecepatan dalam hal akses ke databasenya.
  5. Proteksi data, MySql menyediakan manajemen user dan enkripsi data.
  6. Lintas Platform, bisa digunakan di sistem operasi windows maupun linux.
        Mysql sangat populer didunia web karena sering digunakan untuk aplikasi web, CMS populer seperti Joomla dan wordpress pun menggunakan Mysql sebagai databasenya. Walaupun MySql sering digunakan dalam aplikasi web, Mysql juga bisa digunakan untuk membangun aplikasi desktop

__________________________________________________________________________________

C . LOCALHOST
     

        Localhost merupakan istilah yang digunakan untuk host itu sendiri. Nama localhost digunakan untuk konfigurasi aplikasi sebelum benar - benar mendapatkan hostname dari hostmasternya. Bisa disebut juga sebagai perangkat yang digunakan untuk membangun webserver di komputer kita.

      Banyak jenis yang bisa digunakan untuk membangun localhost, diantaranya adalah Xampp,Wamp dan lain sebagainya. dengan adanya aplikasi2 dalam membuat localhost akan memudahkan kita dalam memenej berbagai hal, mulai dari instalasi blog offline dan lain sebagainya.

_____________________________________________________________________________________________

D . HTTPD.Conf

         Apa pengertian HTTPD.conf,saya sendiri baru mengenal hal ini,bahkan saya coba mencari di mbah google apa pengertian Httpd.conf sangat sulit mendapatkanya,kebanyakan cara konfigurasi...baik saya akan jelaskan sebisa saya...httpd.conf merupakan file konfigurasi yang digunakan oleh apache server.File httpd.conf dapat ditemukan pada setiap unix berbasis sistem yang sesuai dengan  httpd / httpd.conf.File ini , httpd.conf pernah digunakan dalam Internet Information Services Microsoft.

___________________________________________________________________________________

E . DOCUMENT ROOT

      Document root adalah  direktori (folder) yang disimpan pada server host anda dan yang ditunjuk untuk memegang halaman web..fungsi yang paling utama adalah untuk menyimpan file web kamu, selain itu juga untuk melakukan testing pada web, yang biasanya dilakukan sebelum semua file-file tersebut diupload pada remote server.  


Allhamdulilah selesai juga tugas rekweb ini...untuk yang lain goodluck ya !!!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar